Selasa, 26 Mei 2009

Teknologi Informasi sebagai Komoditas Stratejik

Dalam perkembangan perubahan lingkungan dunia usaha yang begitu cepat pada saat ini, telah menjadikan TI sebagai komponen vital yang dapat membantu berbagai aktifitas dunia usaha untuk tetap dapat memenuhi sasaran bisnis yang diinginkan. Bahkan pada saat ini, TI telah menjadi komoditas yang tidak dapat ditinggalkan untuk memenuhi tantangan perubahan, guna mencapai tujuan stratejik dari dunia usaha tersebut. Yang antara lain dapat meliputi internetworking antar pelaku bisnis, internetworking antar perusahaan, rekayasa proses bisnis (process business reengineering), dan pengunaan TI untuk memperoleh keuntungan kompetitif.

Berbagai peluang dari TI sebagai komoditas terurama sekali terkait dengan perkembangan sistem informasi berbasis komputer yang mengunakan 4 unsur utama, yaitu :

· Technoware terdiri dari piranti keras (hardware), piranti lunak (software) dan peralatan komunikasi data (data communication device).

· Humanware atau unsur sumber daya manusia (SDM).

· Infoware berupa basis data

· Organiware berupa organisasi dan manajemen.

Keempat unsur tersebut bersinergi untuk mentransformasikan sumber-sumber data menjadi berbagai produk informasi. Namun hal ini tidak berarti bahwa TI sebagai komoditas tidak mempunyai tantangan, terutama sekali yang berkaitan dengan issue sekuritas dan pengendaliannya.

Dalam penggunaanya, kualitas dan kinerja dari penggunaan TI dalam berbagai organisasi harus dikendalikan. Seperti halnya asset bisnis vital lainnya, sumber daya TI perlu diproteksi oleh sistem pengendalian yang bersifat terpadu guna menjamin kualitas dan sekuritasnya.

Berbagai peluang dan tantangan akan terus terbuka bagi TI sebagai komoditas di era globalisasi, TI bersama-sama dengan sistem informasi tidak hanya berupa serangkaian teknologi yang dapat memberikan dukungan terhadap kolaborasi kelompok dunia usaha dari sejumlah perusahaan, pengoperasian bisnis yang efisien, atau pembuatan keputusan manajerial yang effektif, melainkan TI dapat terus berkembang selaras dengan perkembangan kompetisi bisnis. Oleh karena itu, TI sebagai komoditas di era kompetitif harus dipandang sebagai komoditas stratejik yang mampu menyediakan jejaring vital yang kompetitif, mampu menjadi alat pembaharu organisasi, dan dapat dijadikan sebagai investasi yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan stratejik perusahaan.

Sebagai komoditas, TI mempunyai peran stratejik dalam bisnis diantaranya untuk mengembangkan kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kapabilitas proses yang mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan berupa keuntungan stratejik guna menghadapi pasar global.

0 komentar:

chat


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Cars Picture. Powered by Blogger